//
you're reading...
mas Noklak

lagi lagi perkutut berjenggot di lomba piyik

perkutut berjenggot
LIGA PERKUTUT PRABUKUSUMO JOGJAKARTA

Event rutin lomba perkutut berseri sangat diminati oleh kungmania di daerah-daerah, terlihat pada gelaran LPPJ seri ke VI hari minggu 1 Mei 2016 di lapangan lomba banyumili Jogjakarta.
Khusus untuk lomba di kelas piyik 1/2 tiang antusias kungmania begitu tingginya, hal ini dibuktikan sampai putaran ke VI ini 2 blok dari 4 blok di isi penuh oleh piyik-piyik perkutut bermasa depan cerah🙂

Namun kemeriahan lomba pada kelas piyik yang seharusnya dijadikan wadah untuk melatih piyik perkutut, malah dimanfaatkan oleh oknum-oknum kungmania berjenggot dengan manggantang perkutut berjenggot pula, bahkan perkutut yang konon sudah memiliki mantu pun ikut dilombakan.

Memang saat ini ada beberapa piyik muda berusia tidak lebih dari 5 bulan sudah bersuara besar dan rajin berbunyi, namun hakul yakin gacornya perkutut piyik sangat bebeda dengan gacornya perkutut tua bangka.

Pengwil (pengurus Wilayah) P3SI (Persatuan Pelestari Perkutut Seluruh Indonesia) Jogjakarta merupakan salah satu organisasi lomba yang teratur dan terjadwal dengan baik.
Untuk itu selain etika para kungmania yang perlu berbenah diri, panitia lomba juga semestinya menjalankan dan menegakkan aturan-aturan yang sudah tertuang di AD/RT P3SI. dimana salah satu aturan menyebutkan piyik yang dilombakan berusia tidak lebih dari 5 bulan, dan pantia wajib memeriksa fisik dari piyik yang akan dilombakan.
Namun apabila aturan dan etika tersebut enggan untuk dilaksanakan, ya lebih baik dibuka kelas hanging bebas seperti beberapa kali digelar di beberapa daerah. Silahkan menggantang apapun di kelas bebas ini, asalkan perkutut🙂 mau eyang perkutut, simbah, om, tante, pakde bude, pak lik bu lik, monggo…………

Untuk para oknum berjenggot, semestinya anda tahu, bagi kungmania yang benar-benar melombakan pyik di kelasnya, “sakitnya tu disini”🙂
Sayang kan pengwil yang memiliki moto fair play walaupun kadang feir play ini di isi oleh okum2 tak bertanggung jawab

Apapun yang terjadi, jayalah perkutut indonesia, tetap bersatu dalam NKRI

About nugroho1705

piye kabare bro

Discussion

5 thoughts on “lagi lagi perkutut berjenggot di lomba piyik

  1. sulit juga membedakan fisik perkutut piyek dan perkutut dewasa

    Posted by mulyatno | May 2, 2016, 9:54 am
    • Ya memang sulit pak Mul utk bedakan piyik perkutut usia 5 bulan dengan perkutut dewasa.
      Sebelumnya piyik lebih diarahkan untuk lomba hanging (usia maksimal 3 bulan) dengan nama kelas piyik bulu coklat. yang secara fisik sangat mudah dibedakan.
      Namun perkembangannya, saat ini ada kelas hanging, kelas 1/2 tiang dan kelas piyik senior.
      Mungkin untuk mengakomodir piyik piyik berjenggot perlu kiranya dibuka kelas piyik 1/2 edan 🙂

      Posted by nugroho1705 | May 3, 2016, 12:30 am
  2. Dalam melombakan burung perkutut yang sangat diperlukan adalah mental. Semua hanya karena masalah mental. Kalau mental pelomba jelek meskipun mental burung sangat bagus ya maka terjadilah ada piyik berjenggot.
    Kalau mental pelomba istimewa dan mental burung juga istimewa maka umur 5 bulan langsung dewasa senior. Mimpi kali yeeeee

    Posted by agus | May 10, 2016, 12:06 am
    • bener banget mas, perkututdki pernah lakukan itu pada lomba nasional di tasikmalaya 2007, dimana langgam symphoni (nada) saat berusia kurang dari 5 bulan mendapatkan posisi di urutan ke 3 kelas dewasa senior, bukan mimpi kali yeeeee

      Posted by nugroho1705 | May 10, 2016, 1:07 am
      • Bagi saya itu impian. Mudah mudahan bisa terwujud. Punya burung 5 bulan dewasa senior. Bisa memiliki perkututb seperti itu rasanya pasti sangat wah….
        Apalagi bisa menjual dari hasil.Kandang ternak sendiri…
        Hadiuuuh….

        Posted by agus | May 10, 2016, 9:23 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

daftar tulisan

%d bloggers like this: