//
you're reading...
Wacana

Jangan Mau di Tipu

 

Penghobi perkutut yang ingin  merambah ke dalam “bisnis perkutut”,  saat ini dapat dengan mudah untuk meminimalkan “uang sekolah” yang harus dikeluarkan.
Asalkan langkah beternak dijalankan dengan baik dan jalankan dengan santai tapi terarah, alon-alon asal kelakon.
Dan yang paling utama adalah konsisten.

PERAN MEDIA CETAK DAN ONLINE
Dengan adanya internet, tabloid, buku yang mengulas seluk beluk perkututan, maka  penggemar dengan mudahnya untuk memperoleh pengetahuan  suara perkutut maupun cara berternak.

Sebelum membeli, baik untuk lomba ataupun ternak, kita bisa mulai dengan ikut di komunitas perkutut di pesbuk , ada banyak halaman disana yang beranggotakan sesama penghobi, tidak perlu sungkan untuk bertanya, disana banyak pakar yang akan membimbing dengan sabar🙂

Demikian juga jika ingin mengetahui peternak yang sukses, kita bisa membuka situs perkututinfo, infoperkutut, majalahburungpas atau membacanya di tabloid agrobur suplemen perkutut.
Sambil kita santai membaca di media online atau cetak, sering-seringlah untuk melihat video atau mendengar suara perkutut, jika perlu kita lakukan download mp3 suara perkutut di perkutut-sby,  sebab dengan cara ini paling tidak kita akan mempunyai standart pada saat membeli bahan ternak ataupun lomba.

Pada saat melihat, membaca dan mendengar di berbagai media, jangan lupa untuk mengetahui faktor keturunan, sebab beternak perkutut selain suara, genetikal juga berperan sangat penting di dalam area “bisnis”. Kita bisa dapatkan hal ini di situs terminal, TKL bf  ataupun Sima bf

Setelah mulai memahami suara perkutut yang baik dan benar, mulailah  datangi ke peternak yang lokasinya dekat dengan rumah kita, tidak perlu jauh-jauh, capek😛.

RAHASIA MENDENGAR  SUARA PERKUTUT
Bukan mengajari dan bukan sok tahu, semua ditulis berdasarkan pengalaman, sebab tidak ada yang pintar di dalam mendengar suara perkutut, hanya cara mendengarnya yang berbeda.

Apa sebab dki dot com sebutkan sebagai rahasia, sebab sesuai dengan falsafah perkutut itu sendiri, misteri🙂.
Namun kita yakin bisa membuka misteri itu jika mendapatkan botol di pinggir laut dan menggosoknya, dan ada 3 permintaan disana.

Terkait dengan 3 permintaan, pada saat kita mulai mengunjungi peternak-peternak, maka pada saat mendengar suara perkutut ada 3 (tiga) hal  yang perlu dijadikan dasar sebelum transaksi terjadi.

  1. Ada perkutut yang kita dengar😛 .
  2. Konsentrasi di setiap unsur bunyi (depan, tengah,dll)
  3. Paksa setiap unsur (point 2) itu sesuai dengan standart yang benar

Sedikit penjelasan untuk point 3, mendengar suara perkutut berbeda dengan mendengar burung kicau, jika pada burung kicau, mereka (si kicau) yang memaksa kita untuk mengagumi suaranya (baik isian, dll), tapi untuk suara perkutut tidak demikian, suara yang dibunyikan harus sesuai dengan standart suara yang baik dan benar, jadi pada saat suara depan dibunyikan, di dalam benak kita, paksa suara itu untuk mendekati kriteria yang ada, paling tidak harus panjang, mengayun dan bersih, demikian juga dengan tengah, depan, ujung, irama dan dasar suara.

Namun perlu diingat, cara tersebut, hanya dapat dilakukan pada saat perkutut bunyi semangat (narik, nyelep) dan tidak pada saat teriak-teriak.
Semoga dengan cara ini, uang sekolah perkutut tidak menjadi sia-sia. Agar kita tidak terkecoh dengan ucapan istimewa, ciamik, tiga warna, tengah banyak dan sebagainya, istilah dki dot com “mark up suara perkutut”, ada di artikel berikutnya.

Dari itu semua, Inilah jasa baik media cetak maupun online, manfaatkan sebaik-baiknya.
Tapi sekali lagi, tidak ada yang pintar dalam hal mendengar suara perkutut, dan hati-hati jangan di Tipu suara perkutut.

Jayalah perkutut Indonesia, tetap bersatu di dalam NKRI 🙂🙂

About nugroho1705

piye kabare bro

Discussion

4 thoughts on “Jangan Mau di Tipu

  1. Saya pernah membaca artikel online perihal “BP YANG MEMILIKI SUARA SENGGAKAN, BAGAIKAN MEMILIKI HARTA KARUN”, ibarat pembalab yang menyalip musuh pada tikungan…., artinya meraih angka sempurna disaat tertinggal. Akan tetapi kenyataan dilapangan (maaf ya : sebagian besar kung mania) tidak mengerti apa kenikmatan mendengar irama BP yang memiliki SENGGAKAN. Belum lagi jika BP memiliki 4 suara senggakan, pastilah langsung mencemoohkan dengan kesimpulan BP tsb tidak stabil, celakanya jika dibawa kelapangan BP tsb memamerkan suaranya bukan suara terbaiknya. Maaf ini adalah kisah nyata yang saya alami, selama saya gemar BP sejak tahun 1990 an. Misteri adalah rahasia yang belum terbuka, salam.

    Posted by aa dipati | May 15, 2012, 4:09 pm
    • Benar kang Dipati,
      sebagian besar penggemar perkutut mempunyai pengalaman tersendiri.
      Tikung menikung baik di lapangan lomba sampai saat ini masih kerap
      terjadi.
      Ayooo Kang turun gunung lagi, kita buat lurus si penikung
      bersama kita bisa, lebih cepat lebih baik🙂

      Posted by noe | June 12, 2012, 7:38 am
  2. assalamualaikum Mas Nug kalau kriteria saperti ini :
    depan : nyelep
    tengah double
    ujung : panjang
    irama senggang
    kisaran harga berapa ?
    suara besarmas nug tolong balas ke email saya ya,
    di tasik juga ada cabang herona

    Posted by Joshy | June 2, 2012, 5:16 am
    • Wallaikumkusalam bung Joshy,
      Harga perkutut cenderung sangat lentur🙂
      ibarat pesenam, setiap peternak memiliki gaya sendiri
      saat memberi label harga, ada yg kaku, ada yang fleksi
      ada juga yang ikut2an.

      Salam

      Posted by noe | June 12, 2012, 7:28 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

daftar tulisan

%d bloggers like this: