//
you're reading...
mas Noklak

Rahasia Sangkar Perkutut Agar Awet Muda

sangkar perkutut gambar tulang ikan“Baru ambil dari surabaya, sekarang naik jadi 7 jeti”.
ruarrr biasa, fantastis, bombatis, tujuh juta rupiah saja untuk sebuah sangkar perkutut. Tapi tidak masalah, inilah investasi yang dikeluarkan untuk menunjang  hobby.
Sebuah sangkar yang mencapai harga di atas tiga juta rupiah, jika kita lihat langsung pekerjaan akhirnya (finishing) tidak berbeda dengan kendaraan bermotor, istilah kerennya seperti yang kita lihat reklame  di bengkel-bengkel mobil “paint system oven full body, wet look polish, vacuum and wash”,🙂 he..he.. he emboh apa maksudnya.

BELI, RAWAT, PAKAI
Kembali ke laptop, sering kita dengar keluhan atau apa istilahnya yang lebih tepat, mungkin “ngedumel” seperti ini “bangsa kita memang tidak bisa merawat, bisa beli doang”. Naaah,  yang ngedumel seperti itu terkadang tidak melihat sangkar perkutut dirumahnya kotor, lecet, bahkan ada yang gambar naga berubah jadi cacing, jadi tinggal garis-garis kecil, jadi sulit bedakan mana naga mana cacing. atau  gambar ikan koi kesayangan  di kubah sangkar, belum lama digunakan sudah menjadi gambar tulang ikan.
Untuk itu jangan sampai kita termasuk kategori bisa beli tidak bisa rawat, atau menjadi beli, pakai, beli lagi🙂

merawat sangkar perkutut lombaPENYEBAB SANGKAR CEPAT RUSAK
Sangkar perkutut terdiri dari bahan kayu, bambu, dempul, tembaga / perak (gantungan) dan cat sebagai lapisan luar. Berikut sedikit tips untuk mencari tahu ( bukan tempe🙂 ) dan solusinya.
penyebab rusaknya / memudarnya gambar :

  • Sinar matahari,  ultra violet secara cepat membuat warna cat menjadi pudar, gantungan menjadi kusam
  • Kotoran burung gereja yang melekat lama di gantungan dan kubah, atau kotoran perkutut itu sendiri, merusak cat di jeruji bawah dan eblek ( apa yang benar untuk istilah bawah sangkar? )
  • Polutan di udara berpolusi tinggi mengandung asam nitrat  (wesss keren, taunya batang pohon asem untuk tangkringan😛 )  secara perlahan memudarkan lapisan cat.
  • Penggunaan Pemoles mobil / motor apapun merknya dapat mengikis lapisan cat, apalagi jika sering digunakan.
  • Air yang mengandung garam mempercepat proses korosi pada cat, untuk itu sebelum menggunakan air sebaiknya  ambil sedikit, taruh di ujung  jari dan dicicip dikit,🙂

Jika perak gantungan mulai kusam, cat memudar maka imbas selanjutnya dempul tertembus air, lalu  merusak kayu dan pada akhirnya rayap mulai menyebar. Nah setelah ini terjadi proser transformasi gambar dari naga ke cacing dan ikan koi tinggal tulang terjadilah😦

jeruk nipis untuk sangkar perkututPERAWATAN SANGKAR PERKUTUT
Agar hil-hil tersebut mustahal terjadi, maka diperlukan perlakuan khusus atas sangkar kesayangan anda.
Perawatan Harian :

  • Setelah kita gunakan untuk lomba, segera angin-anginkan sangkar di tempat teduh, seperti biasa, perkutut juara santai, sangkar adem, pemilik rileks
  • Sore hari saatnya membersihkan sangkar, jangan langsung siram dengan air sangkar, seperti  mencuci kendaraan, jagoan kita pindahkan dulu ke sangkar lain🙂 .  Keluarkan wadah air dan makanan, lalu bersihkan sangkar dengan lap kering terutama bagian atas.
  • Gunakan semprotan air untuk membasahi jeruji bawah tangkringan, lalu gunakan lap untuk membersihkan kotoran sang jawara yang menempel di jeruji, jangan terlalu keras, capek😛
  • Masih memegang semprotan, selain iseng semprot istri atau Ibu RT yang lewat, gunakan kembali semprotan air tersebut untuk membasahi bagian bawah sangkar, lalu lilitkan kain lap ke belahan bambu tipis, gosoklah secara perlahan sampai bersih,  bisa digunakan juga jika punggung terasa gatel atau memukul lalat yang menempel di hidung.
  • Khusus untuk celah-celah di ukiran, gunakan semprotkan air lebih keras, dan bersihkan dengan tissue,lalu semprotkan lagi agar kertas tissue tidak menempel.
  • Untuk bagian gantungan, kita gunakan belimbing wuluh, gecek-gecek, wah apa lagi istilah agar belimbing itu mengeluarkan air, mungkin injek-injek, ya pokoknya seperti itulah, tidak ada di kamus perkutut, nah gunakan belimbing wuluh untuk menggosok gantungan, jika sudah terlanjut berkarat, segera bawa ke kios chrome yang biasa untuk knalpot, siapa ngerti sangkar anda ditawar
  • Terakhir, buang air di dalam semprotan ke tanaman ( ceritanya go green )🙂 . Lalu kita peras jeruk nipis, dan masukan cairan jeruk itu ke dalam botol semprotan, campur dengan air secukupnya, kocok dan semprotkan ke seluruh sangkar, jangan kena mata, tidak baik untuk kesehatan, jauhkan dari anak-anak. Sisa jeruk gunakan untuk soto yang sudah tersaji.
  • Angin-anginkan kembali sangkar, dan pemilik bisa santai di kursi goyang sampai tertidur, mimpi lomba dengan sangkar bersih dan diisi  belimbing wuluhgantungan sangkar perkutut

Demikian rahasia awet muda, jika cara-cara tersebut kurang efektif, bawalah sangkar anda ke senow wos, hehehe snow wash dan ke sekin senter (red: skin center😛 ) yang lagi nge trend. atau rusak beli, rusak dan beli lagi di kios sangkar online
Oya, sedikit tambahan, jika kubah sangkar anda sudah ada yang mulai retak atau berlubang, tambal sementara dengan cara kocok putih telur dengan kapur sirih, lalu pilin hingga lembut, lalu tutup lubang tersebut dengan campuran tersebut. Belilah kapur sirih secukupnya, berbahaya jika terlalu banyak, anda bisa berganti hobby, menjadi hobby “nyirih”🙂 Demikian juga ada jawara yang tidak dapat pindah sangkar, nah  kalau melatih perkutut juara kita di rumah dan mengereknya, tutuplah kubah dengan kain lembut, bisa dari kain bekas, atau kaos baru untuk lebaran,  dan usahakan dililit secara ketat, agar perkutut lain dan tetangga tidak terganggu.

Jayalah perkututan tanah air, tetap bersatu di dalam naungan NKRI🙂

 

About nugroho1705

piye kabare bro

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

daftar tulisan

%d bloggers like this: