//
you're reading...
Hobby dan Lomba

Waspada Ring Palsu

ring perkutut palsuDari perjalanan ke beberapa kota pada awal tahun 2012, perkutut dki dot com sempatkan singgah ke beberapa teman peternak. Di setiap farm, seperti biasa, sudah pasti ngobrol seputar hasil ternak dan indukan.
Berawal dari kebanggaan si peternak atas beberapa materi indukan yang berasal dari farm-farm ternama, sampai ke pembicaraan soal beberapa ekor perkutut yang kembali ke alamnya (alias mati).
Kemungkinan teman ini ingin menunjukan bahwa ia benar-benar pernah memiliki indukan dari peternak besar yang berasal dari import maupun dalam negeri, ditunjukkan lah ring-ring yang pernah melingkar di perkutut rest in peace  (RIP) itu.

FANTASTIS BOMBATIS
kaget, terkejut, fantastis, bombatis, begitulah kira-kira yang ada dibenak perkutut dki dot com saat melihat langsung ring-ring yang ditunjukkan teman kungMania ini.
Namun teman kungMania ini tak menunjukkan kegelisahan dan tidak berkata apa-apa mengenai ring-ring tersebut, ia tetap dengan bangganya mengatakan kalau dulu si perkutut RIP itu bersuara bagus, di carikan oleh sesama kungMania yang tersohor dan…… berharga sangat mahal, diatas 25 juta……😦
Sampai akhir pembicaraan, perkutut dki dot com tetap tidak mengatakan itu adalah ring palsu, biarkan Sang  Maha Kuasa yang akan merangkai cerita berikutnya terhadap si kungMania ini dan si teman yang mencarikannya.

NAFSU, SERAKAH DAN AJI MUMPUNG
Begitulah kata-kata yang pas untuk diberikan pada orang-orang yang tidak menghiraukan etika bisnis, aturan alam dan hati.
Banyak kungMania yang mengatakan duit perkutut itu lezat, keuntungan tak terhingga sampai ke pernyataan yang terlalu diluar kendali  “bisnis paling enak”.
Kalau sudah seprti itu pendapat tentang “bermain” perkutut, rasanya perbuatan curang kemungkinan besar akan dihalalkan demi memenuhi reputasi sebagai wiraswasta ulung di mata tetangga dan keluarganya.
Sekedar mengingatkan, “bermain” perkutut itu adalah sebuah seni, uang akan mengikutinya.

SASARAN PENJUALAN
Dari penemuan ini, khususnya untuk ring palsu dari farm ternama / dikenal luas oleh kungMania / sedang top,  ternyata si “pelaku” ini memiliki target operasi yang dapat dipetakan sebagai berikut :

  •  Para bos-bos yang tidak pernah melihat bahkan memegang perkutut yang dibelinya dan tidak memiliki awak kandang yang berpengalaman.
  • Kalaupun para bos memiliki awak kandang yang berpengalaman, si pelaku menjadikan sang awak sebagai partner, sekali lagi ini terjadi karena duit….. yang menggoda 🙂
  • sasaran berikutnya adalah pemula berkantong tebal yang ceroboh dan tergiur untuk memiliki perkutut dari hasil ternak peternak terkenal.

NON ASPEK LEGAL
Bermain perkutut  berada di area abu-abu, sebab tidak ada satupun pasal hukum yang dapat menuntut pelaku pemalsuan ring, terkecuali tertangkap basah menjual  perkutut dengan ring palsu serta memiliki tanda bukti pembelian. Tetapi walaupun memiliki tanda bukti pembelian, masih dapat dikatakan tidak cukup kuat untuk menuntut. Dulu di era tahun 2005  pernah dimunculkan ide untuk menertibakan dan melakukan administrasi terhadap nomor ring, namun ide bagus ini mentah di tengah jalan hanya karena kungMania saat itu merasa bermain perkutut hanyalah sebuah hobby, tidak perlu kaku, sangat disayangkan. Perkutut dki dot com sangat mengetahui ide ini, sebab saat itu dekat dengan pembuat ide tersebut.
Inilah pentingnya sebuah wacana🙂🙂

Dengan kelemahan aspek legal ini, sudah sepantasnya para kungMania sejati mengingatkan pada sesama kungMania lainnya ataupun penggemar perkutut secara umum untuk berhati hati di dalam pembelian perkutut, darimanapun asalnya.

TELITI, TELITI DAN TELITI
Hanya dengan ketelitianlah para pelaku akan jera,
Sebagai ilustrasi atas ring palsu tersebut, berikut tanda-tanda yang terlihat :
 

  1. Garis warna yang melingkar seputar ring tidak rata
  2. Huruf huruf atas nama farm tidak sejajar
  3. Ukuran ring lebih besar
  4. Nomor dan Nama farm terlihat sekali hasil ketokan manual, kasar
  5. Bahan ring yang digunakan, adalah ring tanda dengan ukuran besar

Demikian hasil investegasi perkutut dki dot com selama beberapa bulan terakhir di beberapa kota. Untuk itu kenalilah tanda-tanda ring  yang melingkar dan jangan sampai ada ring merpati di perkutut anda :) 

jayalah perkutut indoensia, tetap bersatu dalam NKRI🙂

About nugroho1705

piye kabare bro

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

daftar tulisan

%d bloggers like this: