//
you're reading...
Hobby dan Lomba

Terapi Gurah Perkutut

gurah perkutut

Suara emas bagi perkutut jawara atau  perkutut yang kita sukai di rumah untuk di dengar adalah aset perlu dijaga, selain harga yang cukup mahal, tidaklah mudah memperoleh seekor perkutut berkualitas, secara guyonan “sampe ban gundul, dompet tipis” belum tentu kita mendapatkannya.


CARA DAN WAKTU
Berbagi pengalaman bagaimana saat perkutut dki dot com menjaga serta mengoptimalkan suara emas yang dimiliki Bintang Prasasti (tow) pada tahun 2002, Chelsea (jkm) jagoan di tahun 2004, Masterpiece (langgam Buana), Langgam Symphony (nada) (2006), leyla Ali (ady) yang sempat berganti nama menjadi busway dan srikandi, sampai periode 2007-2010 diwaktu mengusung jawara2 Hapsari bird farm seprti Ibnu Sabil (lestari), Norontoko (Haas), Putri Pembayun (mjs), Agul Agul (inter), Intermezo jr (inter), Suryo Sumirat (tp666), pasopati (tp222), melody (andalas) sampai di penghujung tahun 2010 Sugriwa (arnot), Subali (arnot), Anjani (how) dan Predator (mpl) jawara patra Jaya serta sang fenomenal Hikayat Cinta (ujang PS).

Belajar dari pengalaman, setiap jawara ternyata memilki cara dan waktu yang berbeda saat melakukan terapi gurah, seperti perlakuan untuk Intermezo Junior, jangan coba coba untuk berikan gurah di tengah putaran LPI (Liga Perkutut Indonesia), sebab selama 3 minggu si Junior ini ngambek bunyi. Demikian juga dengan yang lain, ada perbedaan cara pemberian gurah, namun prinsipnya tidak pernah dilakukan dengan jarak waktu kurang dari 1 1/2 bulan.

Mengenai cara pemberian, masing-masing perkutut juga memiliki kesenangan tersendiri untuk organ yang diteteskan cairan gurah, ada yang setelah diberikan melalui mata, dia ngambek bunyi cukup lama, tapi ada juga yang lebih suka langsung diteteskan ke hidung dengan pijitan lembut di sekitar mata ataupun melalui mulut langsung, intinya kita sendiri yang akan menemukan cara dan waktu yang tepat untuk jawara yang kita miliki.

MANFAAT GURAH
Salah satu kegunaan terapi gurah pada perkutut untuk membersihkan lendir dan kotoran di saluran nafas, kita dapat perhatikan bentuk dan warna kulit hidung, antara jawara yang sudah dilakukan terapi atau yang belum sama sekali, demikian juga dengan daya dorong nafas dari lubang hidung pada saat kita lakukan terapi “pompa angin” dengan mulut kita, dimana kita menutup salah satu hidung jawara dan lepaskan pompa yang kita berikan, mengenai pompa angin akan coba perkutut dki dot com pada artikel berikutnya.

BAGAIMANA MEMILIH BAHAN GURAH YANG AMAN
Hal yang paling utama untuk bahan pembuatan cairan gurah haruslah dari bahan herbal, jangan sekali- sekali gunakan bahan yang mengandung unsur pabrikan.
Dalam penentuan jenis tanaman yang akan dijadikan bahan pembuatan cairan gurah inipun masing-masing penghobi memiliki pilihan tersendiri, ada yang gunakan tanaman srigunggu, kipolot ataupun akar tanaman tertentu, atau campuran dari beberapa jenis tanaman.

Namun seperti yang dikatakan diatas, terpai gurah hanyalah salah satu cara untuk mempertahankan suara emas yang dimiliki perkutut jawara, sedangkan porsi terbesar dan kunci utama perawatan ada di tawngan penghobi / kungMania itu sendiri.
Demikian juga untuk Radema milik SIMA bf tangerang, “berbeda karakter dan kesukaannya” ujar Hasan sang perawat

Dan dari pengalaman, janganlah kita terkecoh dengan produk-produk farm ternama yang notabene katanya memilki dasar suara berkualitas, sebab kunci utama “bermain” perkutut adalah kejelian kita saat memilih dan merawat, sebab yang kita harapkan jangan sampai “ban gundul dompet tipis” akan tetapi “ban gundul, kepala gundul, dompet tipis pula”🙂🙂

Jayalah perkutut indonesia, tetap bersatu di dalam naungan NKRI🙂

 

About nugroho1705

piye kabare bro

Discussion

2 thoughts on “Terapi Gurah Perkutut

  1. Menarik juga tipsnya, sayang kurang jelas. Tolong dong di perjelas caranya menggurah perkutut yang aman.
    Teman saya bilang bilang bisa menggunakan obat mata, apa betul ?

    Posted by Nugroho | April 28, 2012, 10:54 pm
    • Gunakan obat mata bisa, tembakau jg sangat bisa Mas, tapi efek kimia dan kerasnya tembakau krg bagus,
      kontraksi di tenggorokan terlalu kuat.
      Ok Mas Nugroho, nanti coba saya tulis

      thx

      Posted by noe | April 29, 2012, 7:57 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

daftar tulisan

%d bloggers like this: