//
you're reading...
Wacana

SUDAH WAKTUNYA MEMBUKA DIRI

Terkait dengan kondisi perkututan tanah air yang masih belum maksimal di dalam “menarik” para pemula atau penghobi perkutut rumahan untuk ikut serta dalam gelaran lomba, maka selayaknya dilakukan perubahan perubahan akan kelas burung yang dilombakan.
Sudah waktunya kita membuka diri untuk membuat kelas burung perkutut yang dilombakan seperti yang dilakukan negara2 tetangga, seperti thailand, malaysia dan singapore.
sangat disayangkan pasar asia yang begitu besar ke depannya tidak kita maksimalkan bersama.

Tidak dapat kita hindari, pada saat ini burung perkutut bukan lagi untuk dijadikan sebagai klangenan semata, namun sudah menjadi komoditi yang diperdagangkan.
Import burung perkutut terus terjadi, disisi lain eksport burung perkutut oleh peternak peternak tanah air hanya dinikmati oleh segelintir peternak papan atas.
Andai kelas lomba yang kita miliki tetap berjalan tetapi ditambahkan kelas lomba seperti di negara teteangga, kemungkinan terjadinya pasar jual beli yang lebih luas.
Rasanya untuk menghasilkan suara burung perkutut berirama engkel tidaklah sesulit apa yang diimpikan sekian banyak peternak di negara kita.

Dengan adanya kelas yang tidak rumit itu, maka penggemar2 baru akan bermunculan, dan persaingan menuju pasar eksport terbuka luas.

Engkel bukan berarti ketinggalan jaman

About nugroho1705

piye kabare bro

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

daftar tulisan

%d bloggers like this: