//
you're reading...
Wacana

BENANG KUSUT – PEMULA TAKUT ??

Dalam sebuah artikel yang baru lalu, terdapat  komentar yang terasa sekali takut kehilangan pemula untuk bergabung. Rasanya ketakutan untuk itu tidak perlu terjadi.

Di dalam bidang apapun, baik usaha maupun hobby hal hal yang tidak sesuai dengan aturannya pasti akan ditinggalkan para pengusaha jika didalam dunia usaha ataupun dalam dunia hobby, maka akan ditinggalkan penghobi. Demikian juga jika aturan aturan / kaidah kaidah bisnis atau hobby jauh dari aturan, belum tentu juga ditinggalkan,sebagai contoh, “judi”, kita tau itu pasti kita tidak akan menang, tapi ya masih banyak pemula2 yang terjun di dalam hobby itu.

Check and Balance. Nah disinilah perlunya sebuah kritikan untuk membangun sebuah komunitas yang sangat kita cintai ini. Misalkan hal hal yang merupakan “benang kusut” didalam dunia perkututan kita diamkan saja, itupun tidak akan mempengaruhi jumlah pemula yang akan terjun kedunia hobby klangenan ini, semua sudah diatur alam. Tapi alangkah baiknya kita mulai dengan pembenahan sana sini sehingga coreng morenggnya walaupun tidak akan pernah mulus 100%, paling tidak kita minimalkan.

Demikian juga dengan “diam diam saat mendapat keuntungan atas burung kita yang dinilai juri berlebihan”. Nah disinilah letak adanya pemain2 baru bermunculan, artinya adanya kesempatan pemain pemain lawas yang membawa / mengawal pemain untuk bermain di area2 hitam ini,  hal ini terbukti dengan beberapa pemain baru yang berduit raksasa ikut serta dalam hobby ini.

Ini hanya sebuah permainan, tinggal kita memilih

KOMENTAR

Assalamualaikum,

Menurut saya ini bukan permainan kalah menang seperti permainan judi.
Menurut saya ini adalah rasa memiliki dan mencintai perkutut. saya akan ikut lomba kalau perkutut yang saya miliki mempunyai alunan suara yang sesuai dengan kualitas suara yang sudah ditetapkan dalam aturan lomba minimal mendapatkan kualitas 2 warna ditambah bendera hitam.

Apabila dalam hal berlomba, Perkutut tersebut tidak banyak bunyi, itu suatu hal lumrah anggap saja ini ongkos kita bersilahturahmi dengan sesama penggemar perkutut lainnya.

jadi hemat saya, ini bukan permainan judi.

terima kasih,

Andy – TKL BF Bekas

About nugroho1705

piye kabare bro

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

daftar tulisan

%d bloggers like this: